Minggu, 10 November 2013

Corporate Information Management

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

 


Nama                        : Ahmad Fauzi
Kelas                         : 4ia20










UNIVERSITAS GUNADARMA
2013


                                                                                    





PENDAHULUAN

Sistem Informasi Manajemen adalah sebuah sistem yang cukup kompleks. Sistem ini dapat berjalan dengan baik apabila semua proses didukung dengan teknologi yang tinggi, sumber daya yang berkualitas, dan yang paling penting komitmen perusahaan. Sistem Informasi Manajemen berguna untuk mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem Informasi Manajemen bertujuan menghasilakn informasi yang berguna untuk perusahaan. Kegiatan ini mendukung proses bisnis perusahaan dan perlu diperhatikan untuk kelangsungan perusahaan. Oleh karena itu, komitmen perusahaan untuk menjalankan Sistem Informasi Manajemen haruslah sangat tinggi agar proses yang terjadi dilantai produksi menjadi menguntungkan bagi perusahaan.


TEORI

A. CIM ( Corporate Information Management )
Manajemen Informasi adalah seluruh aktifitas memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin, dan membuangnya pada saat yang tepat (McLeod, 1998).
CIM (corporate information management) atau dalam bahasa indonesia disebut juga dengan Manajemen Informasi Perusahaan. CIM merupakan suatu sistem berbasis computer yang dapat melakukan semua tugas akuntansi standatar bagi semua unit organisasi secara terintegrasi dan terkoordinasi. Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer, selain Manusia, Material, Mesin dan Uang. Sumber daya manusia, material, mesin dan uang digunakan istilah sumber daya fisik sedangkan Informasi dan data dengan istilah sumber daya konseptual. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain. Semakin besar skala operasi perusahaan, manajer semakin mengandalkan informasi dan sangat mungkin menggangap informasi sebagai sumber daya mereka yang paling berharga.
Proses dari menajemen informasi perusahaan antara lain sebagai berikut :
1.      Pembentukan strategi
2.      Perencanaan untuk Kebutuhan masa depan
3.      Meningkatkan nilai utilitas informasi yang tersedia
4.      Menghilangkan informasi yang berlebihan
5.      Memastikan kepatuhan terhadap undang-undang
6.      Meningkatkan laba atas investasi di teknologi informasi


Analisa

Corporate information management atau Manajemen Informasi Perusahaan ini sangatlah penting utuk diterapkan pada suatu perusahaan. Dengan menerapkan CIM ini perusahaan dapat mengatur informasi yang dimiliki secara maksimal sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal pula. Karena didalam CIM terdapat pengaturan strategi serta perancangan kebutuhan perusahaan dimasa depan.
Selain itu, dengan menerapkan CIM ini informasi yang dimiliki perusahaan akan terjamin keamananya dan juga menjaga agar tidak terjadinya kelebihan informasi atau terdapatnya informasi yang tidak diperlukan oleh perusahaan.




Referensi





Sabtu, 12 Oktober 2013

Tugas Pengantar Bisnis Informatika

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA



Nama                        : Ahmad Fauzi
Kelas                         : 4ia20










UNIVERSITAS GUNADARMA
2013


                                                                                

PENDAHULUAN

Kita tentu sudah sering mendengar kata Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau yang sering disingkat dengan IPTEK. IPTEK merupakan makanan sehari-hari manusia sekarang ini. Telepon seluler, komputer, internet, dan lain-lain. Tanpa adanya IPTEK kehidupan sosial manusia menjadi terhambat. Atas dasar kemampuan kreatifitas berpikir, manusia dapat mengembangkan IPTEK dari waktu ke waktu. Segala kemudahan mulai dari transportasi, telekomonikasi sampai pendidikan tak luput dari peran IPTEK.
Internet adalah jaringan yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia. Melalui internet, kita dapat mencari semua informasi yang kita butuhkan. Sekarang ini, internet merupakan hal yang efisien daripada sumber lain, yaitu buku, koran, majalah dan sebagainya. Internet juga digunakan dalam bidang bisnis contohnya adalah E-commerce dan E-Business.

TEORI

A. E-Commerce (Electronic Commerce)
     E-Commerce mencakup segala kegiatan jual beli dan pertukaran informasi bisnis secara elektronik, termasuk internet. Secara sederhana E-Commerce (EC) adalah pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet dan jaringan computer lainnya atau disebut juga dengan sistem elektronik.       E-Commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan (customer), atau antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan-pelayanan public dalam rangka memangkas biaya operasional untuk meningkatkan mutu layanan maupun kecepatan penyampaian informasi.
     E-commerce dikembangkan dalam skala yang lebih luas dan terintegrasi dengan multiple computing system; semua lini dan departemen di perusahaan anda, organisasi dan system computer global. Karena sifatnya integrasi langsung dengan dua atau lebih entity, maka pengembangan e-commerce harus benar-benar memperhatikan segi keamanan. Terutama keamanan dalam bertransaksi.
     Ecommerce memiliki beberapa keunggulan beserta kekurangan dalam beberapa aspek, diantaranya :
                             Keunggulan
-          Membuat pasar nasional ataupun internasional menjadi semakin mudah dicapai.
-          Menurunkan biaya proses, distribusi, dan pengumpulan informasi.
-          Home shopping and delivery
                                   Kekurangan
-          Belum adanya standarisasi keamanan transaksi
-          Mahalnya biaya akses
-          Legal issues yang belum pasti (ketidakjelasan hukum)



B. E-Business (Electronical Business)
E-business lebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. Jadi, tentu saja, e-commerce merupakan bagian takterpisahkan dari proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce merupakan kegiatan menjual dan membeli. E-business mencakup segala aspek yang ada di dalam e-Commerce, plus bagaimana cara menjalankan bisnis (proses internal di dalam organisasi).E-Business dapat pula kita artikan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-Business memberikan kemungkinan kepada suatu perusahaan untuk berhubungan dengan system pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. Dengan E-Business, suatu perusahaan dapat menurunkan total biaya pengeluaran operasional tetap. Lebih jauh, banyak potensi sumber pendapatan baru ditawarkan oleh konsep e-Business. Hal lain yang membuat e-Business menjadi primadona dalam kerangka bisnis modern adalah adanya berbagai data statistik yang menunjukkan kian tingginya nilai bisnis yang terjadi di dunia maya, yang perlahan-lahan tumbuh menyaingi apa yang terjadi dalam dunia nyata.
E-Business juga memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan yang diantaranya adalah:
                        Keunggulan
-       Akses mudah
-       Menghemat waktu
-       Tidak membutuhkan modal besar
Kekurangan
-      Tidak ada pertemuan dengan konsumen secara langsung
-      Resiko penipuan lebih tinggi dibanding bisnis lainnya





Analisa
E-Commerce dan E-Business merupakan suatu cara berdagang atau berbisnis menggunakan media elektronik, dalam hal ini merupakan internet. Dalam penggunaanya, E-Comerce dan E-Busines menjadi populer pada saat ini. Kepopuleran ini dikarenakan banyak kemudahan dalam penggunaan fasilitas ini.
Perbedaan yang mendasar antara E-Commerce dan E-Business adalah bahwa tujuan E-Commerce memang benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang), sedangkan E-Business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.
Selain perbedaan seperti yang telah disebutkan E-Commerce dan E-Business juga memiliki kesamaan tujuan utama yaitu memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya. E-Commerce dan E-Business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media Internet.














Referensi




Senin, 18 Februari 2013

Tugas Pamflet dan Vidio Iklan

ANGGOTA KELOMPOK :
Ahmad Fauzi
Anggie Setya Perkasa
Ari Budiman
Charis Nadia Meviani Rompis
Darwin Michael
Dyna Novia
Nurindah Galuh Syawali
Pertiwi Mulya Nurlaily
Teguh Siswanto


VIDIO iklan dengan konsep iklan perumahan kami upload ke youtube, silahkan klik dibawah ini
TUGAS IKLAN

Jumat, 02 November 2012

Pengetahuan Dasar Desain Grafis



Desain Grafis itu berasal dari dua kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain grafis ialah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.
Dan Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Didalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
Ada beberapa software yang digunakan dalam mendesain, diantaranya:
Desktop publishing
§  Adobe Photoshop
§  Adobe Illustrator
§  Adobe Indesign
§  Coreldraw
§  GIMP
§  Inkscape
§  Adobe Freehand
§  Adobe image ready
§  CorelDraw
§  Adobe Page Maker
WebDesign
§  Adobe Dreamweaver
§  Microsoft Frontpage
§  Notepad
§  Adobe Photoshop
Audiovisual
§  Adobe After Effect
§  Adobe Premier
§  Final Cut
§  Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
§  Unlead VidioStudio
§  Magic Movie Edit Pro
§  Power Director
Rendering 3 Dimensi
§  3D StudioMax
§  Maya
§  AutoCad
§  Google SketchUp
§  Light Wave
§  Blender
§  Softimage

Rabu, 07 Maret 2012

Komik Naruto, Bleach, Det. Conan, Fairy Tail, One Pice

mau baca komik dengan bahasa indonesia yang selalu update tiap minggunya ??
coba aja buka link d bawah ini

Yu Gi Oh! Zexal : Number 15 : Gimmick Puppet : Giant Killer

2 monsters level 8
up to twice perturn during your mainphase, you can detach 1 xyz material from this monster to target 1 monster spesial summoned by your opponent, destroy that card, if that card is xyz monster, damege to your opponent life point equal its original atk

Senin, 05 Maret 2012

Yu Gi Oh! Zexal : Number 12 : Crimson Shadow Armor Ninja

2 level 5 monsters
once per turn during either players turn
you can detach 1 xyz material from this monster
this turn this monster canot destroyed by battle or by card effet