Minggu, 10 November 2013

Corporate Information Management

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

 


Nama                        : Ahmad Fauzi
Kelas                         : 4ia20










UNIVERSITAS GUNADARMA
2013


                                                                                    





PENDAHULUAN

Sistem Informasi Manajemen adalah sebuah sistem yang cukup kompleks. Sistem ini dapat berjalan dengan baik apabila semua proses didukung dengan teknologi yang tinggi, sumber daya yang berkualitas, dan yang paling penting komitmen perusahaan. Sistem Informasi Manajemen berguna untuk mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem Informasi Manajemen bertujuan menghasilakn informasi yang berguna untuk perusahaan. Kegiatan ini mendukung proses bisnis perusahaan dan perlu diperhatikan untuk kelangsungan perusahaan. Oleh karena itu, komitmen perusahaan untuk menjalankan Sistem Informasi Manajemen haruslah sangat tinggi agar proses yang terjadi dilantai produksi menjadi menguntungkan bagi perusahaan.


TEORI

A. CIM ( Corporate Information Management )
Manajemen Informasi adalah seluruh aktifitas memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin, dan membuangnya pada saat yang tepat (McLeod, 1998).
CIM (corporate information management) atau dalam bahasa indonesia disebut juga dengan Manajemen Informasi Perusahaan. CIM merupakan suatu sistem berbasis computer yang dapat melakukan semua tugas akuntansi standatar bagi semua unit organisasi secara terintegrasi dan terkoordinasi. Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer, selain Manusia, Material, Mesin dan Uang. Sumber daya manusia, material, mesin dan uang digunakan istilah sumber daya fisik sedangkan Informasi dan data dengan istilah sumber daya konseptual. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain. Semakin besar skala operasi perusahaan, manajer semakin mengandalkan informasi dan sangat mungkin menggangap informasi sebagai sumber daya mereka yang paling berharga.
Proses dari menajemen informasi perusahaan antara lain sebagai berikut :
1.      Pembentukan strategi
2.      Perencanaan untuk Kebutuhan masa depan
3.      Meningkatkan nilai utilitas informasi yang tersedia
4.      Menghilangkan informasi yang berlebihan
5.      Memastikan kepatuhan terhadap undang-undang
6.      Meningkatkan laba atas investasi di teknologi informasi


Analisa

Corporate information management atau Manajemen Informasi Perusahaan ini sangatlah penting utuk diterapkan pada suatu perusahaan. Dengan menerapkan CIM ini perusahaan dapat mengatur informasi yang dimiliki secara maksimal sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal pula. Karena didalam CIM terdapat pengaturan strategi serta perancangan kebutuhan perusahaan dimasa depan.
Selain itu, dengan menerapkan CIM ini informasi yang dimiliki perusahaan akan terjamin keamananya dan juga menjaga agar tidak terjadinya kelebihan informasi atau terdapatnya informasi yang tidak diperlukan oleh perusahaan.




Referensi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar