PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
Nama : Ahmad Fauzi
Kelas
: 4ia20
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013
PENDAHULUAN
Kita
tentu sudah sering mendengar kata Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau yang
sering disingkat dengan IPTEK. IPTEK merupakan makanan sehari-hari manusia
sekarang ini. Telepon seluler, komputer, internet, dan lain-lain. Tanpa adanya
IPTEK kehidupan sosial manusia menjadi terhambat. Atas dasar kemampuan
kreatifitas berpikir, manusia dapat mengembangkan IPTEK dari waktu ke waktu.
Segala kemudahan mulai dari transportasi, telekomonikasi sampai pendidikan tak
luput dari peran IPTEK.
Internet
adalah jaringan yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia. Melalui
internet, kita dapat mencari semua informasi yang kita butuhkan. Sekarang ini,
internet merupakan hal yang efisien daripada sumber lain, yaitu buku, koran,
majalah dan sebagainya. Internet juga digunakan dalam bidang bisnis contohnya
adalah E-commerce dan E-Business.
TEORI
A. E-Commerce (Electronic Commerce)
E-Commerce mencakup segala kegiatan jual
beli dan pertukaran informasi bisnis secara elektronik, termasuk internet.
Secara sederhana E-Commerce (EC) adalah pembelian dan penjualan barang atau
jasa melalui internet dan jaringan computer lainnya atau disebut juga dengan
sistem elektronik. E-Commerce
digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan
perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan (customer), atau
antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan-pelayanan
public dalam rangka memangkas biaya operasional untuk meningkatkan mutu layanan
maupun kecepatan penyampaian informasi.
E-commerce dikembangkan dalam skala yang
lebih luas dan terintegrasi dengan multiple computing system; semua lini dan
departemen di perusahaan anda, organisasi dan system computer global. Karena
sifatnya integrasi langsung dengan dua atau lebih entity, maka pengembangan
e-commerce harus benar-benar memperhatikan segi keamanan. Terutama keamanan
dalam bertransaksi.
Ecommerce memiliki beberapa keunggulan
beserta kekurangan dalam beberapa aspek, diantaranya :
Keunggulan
-
Membuat pasar nasional ataupun
internasional menjadi semakin mudah dicapai.
-
Menurunkan biaya proses, distribusi, dan
pengumpulan informasi.
-
Home shopping and delivery
Kekurangan
-
Belum adanya standarisasi keamanan
transaksi
-
Mahalnya biaya akses
-
Legal issues yang belum pasti
(ketidakjelasan hukum)
B. E-Business (Electronical
Business)
E-business
lebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yang
bermutu, perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. Jadi, tentu saja,
e-commerce merupakan bagian takterpisahkan dari proses e-business, namun dalam
kerangka terbatas, e-commerce merupakan kegiatan menjual dan membeli.
E-business mencakup segala aspek yang ada di dalam e-Commerce, plus bagaimana
cara menjalankan bisnis (proses internal di dalam organisasi).E-Business dapat
pula kita artikan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan
semiotomatis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-Business
memberikan kemungkinan kepada suatu perusahaan untuk berhubungan dengan system
pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel.
Dengan E-Business, suatu perusahaan dapat menurunkan total biaya pengeluaran
operasional tetap. Lebih jauh, banyak potensi sumber pendapatan baru ditawarkan
oleh konsep e-Business. Hal lain yang membuat e-Business menjadi primadona
dalam kerangka bisnis modern adalah adanya berbagai data statistik yang
menunjukkan kian tingginya nilai bisnis yang terjadi di dunia maya, yang
perlahan-lahan tumbuh menyaingi apa yang terjadi dalam dunia nyata.
E-Business
juga memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan yang diantaranya adalah:
Keunggulan
- Akses
mudah
- Menghemat
waktu
- Tidak
membutuhkan modal besar
Kekurangan
- Tidak
ada pertemuan dengan konsumen secara langsung
- Resiko
penipuan lebih tinggi dibanding bisnis lainnya
Analisa
E-Commerce
dan E-Business merupakan suatu cara berdagang atau berbisnis menggunakan media
elektronik, dalam hal ini merupakan internet. Dalam penggunaanya, E-Comerce dan
E-Busines menjadi populer pada saat ini. Kepopuleran ini dikarenakan banyak
kemudahan dalam penggunaan fasilitas ini.
Perbedaan
yang mendasar antara E-Commerce dan E-Business adalah bahwa tujuan E-Commerce
memang benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang), sedangkan
E-Business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak
seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja,
relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.
Selain
perbedaan seperti yang telah disebutkan E-Commerce dan E-Business juga memiliki
kesamaan tujuan utama yaitu memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih
besar dari sebelumnya. E-Commerce dan E-Business merupakan terobosan yang dapat
mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan
produk melalui media Internet.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar